Good Doctor Luncurkan Layanan Telekonsultasi Kesehatan Mental Gratis


Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) dan AXA Financial Indonesia meluncurkan program “ Telekonsultasi Kesehatan Mental AXA” gratis untuk para pemegang polis asuransi AXA Financial Indonesia dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia. Peluncuran layanan ini diharapkan dapat turut memberikan solusi terhadap masalah kesehatan mental di Indonesia, yang menjadi kian penting dalam situasi pandemi COVID-19. Melalui program ini Good Doctor dan AXA Financial Indonesia mendorong setiap orang untuk mendapatkan bantuan profesional dan pemeriksaan kesehatan mental mereka dengan tepat.



Pandemi COVID-19 menimbulkan ketidakpastian yang berdampak pada masalah kesehatan mental yang terus meningkat, namun, kondisi ini cenderung tidak diperhatikan atau diabaikan. Baru-baru ini, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI)1 melakukan survei swa periksa (self check) psikologis yang diikuti oleh 4.010 responden dari seluruh Indonesia.



Hasil survei menunjukkan bahwa 65% dari responden mengaku memiliki kecemasan, 62% mengalami depresi, dan 80% menunjukkan gejala trauma psikologis yang disebabkan oleh pengalaman tidak menyenangkan terkait pandemi. PDSKJI juga menyebut bahwa orang yang melakukan konsultasi kesehatan mental kerap mendapat stigma negatif, yang menyebabkan mereka tidak nyaman untuk mengecek kesehatan mental mereka, padahal gangguan mental ada banyak jenisnya, mulai dari depresi, gangguan kecemasan, hingga gangguan psikologis ringan dan kronis.



Sementara itu dari segi ketersediaan tenaga psikolog, Ikatan Psikolog Klinis Indonesia (IPK)3 menyebutkan jumlah psikolog klinis yang tersebar di Indonesia saat ini hanya sebanyak 2.782 orang. Dari sisi persebarannya pun masih terpusat di kota-kota besar, dengan hampir 70% berada di pulau Jawa dan sebanyak 20% terkonsentrasi di Jakarta. Dengan jumlah ini, berarti hanya terdapat 1 psikolog untuk 90.000 orang di Indonesia, padahal standar yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah 1 tenaga psikolog melayani 30.000 orang.



Prevalensi yang tidak merata ini juga menjadi salah satu faktor penyebab ongkos konsultasi psikolog yang relatif mahal.



Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia mengatakan, “Perubahan drastis di elemen masyarakat yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 menyebabkan lonjakan pada masalah kesehatan mental, hal ini terbukti dari jumlah konsultasi psikolog di aplikasi kami yang meningkat 7x lipat dibandingkan bulan April atau awal pandemi. Kami percaya bahwa dengan teknologi, kami dapat menjangkau lebih banyak individu yang membutuhkan bantuan tenaga profesional kesehatan mental cukup melalui smartphone. Melalui kemitraan strategis kami dengan penyedia asuransi AXA Financial Indonesia, layanan telemedis Good Doctor dalam GrabHealth bisa menjadi “ruang yang aman” bagi mereka yang membutuhkan konsultasi kesehatan mental, karena layanan konsultasi kami tersedia 24/7 dan dapat langsung menghubungkan pengguna dan mitra psikolog klinis secara privat.” Maka dari itu, layanan telemedis memiliki peran strategis dalam melawan stigma ini dengan akses yang mudah sehingga masyarakat yang membutuhkan bantuan tidak lagi takut atau ragu-ragu untuk segera mendapatkan bantuan profesional.



“Melihat adanya kebutuhan dan keterbatasan nasabah di masa pandemi ini, AXA Financial Indonesia berupaya untuk terus mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan nasabah. Untuk itu, kami bekerja sama dengan Good Doctor, perusahaan telekonsultasi terkemuka, untuk memberikan solusi yang menawarkan kemudahan, keamanan dan akses, yang didapat melalui platform digital yang profesional, memiliki kredibilitas dan berkualitas,” ujar Niharika Yadav, Presiden Direktur AXA Financial Indonesia.



Pada kemitraan ini, Good Doctor ditunjuk sebagai penyedia telemedis untuk menjawab pertanyaan kesehatan mental jutaan pengguna asuransi AXA Financial Indonesia, yang mencakup konsultasi tanpa batas dengan Dokter Umum dan 3 kali konsultasi dengan psikolog dalam kurun waktu 3 bulan bebas biaya atau gratis. Layanan konsultasi dapat diakses melalui aplikasi Grab dengan mengklik fitur “Kesehatan” atau “Health”, yang akan mengarahkan pengguna ke layanan Good Doctor. Sebelum melakukan konsultasi, pemegang polis AXA Financial Indonesia perlu melakukan validasi akun mereka terlebih dahulu di layanan Good Doctor dalam GrabHealth melalui pilihan menu “Get Insurance Benefits” atau "Ambil Manfaat Asuransi" pada halaman utama. Pengguna dapat memilih AXA di bagian "Insurance & Corporate" atau "Asuransi dan Perusahaan" kemudian masukan nomor polis dan data pribadi untuk validasi akun. Selanjutnya setelah validasi akun selesai maka pengguna dapat memilih "Telusuri Dokter Kami" dan memilih menu “Priority Doctor” untuk berkonsultasi dengan Dokter Umum atau pilih menu “AXA Mental Health” untuk konsultasi dengan Psikolog Klinis.


Hitekno

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik

Baca juga

Posting Komentar